Dewirahmawati8's Blog

Mata dan Ibu kota

Posted on: September 20, 2013

Ibu kota di Indonesia yang paling malas saya kunjungi adalah Jakarta.  Apalagi dengan kondisi zaman sekarang penuh kemacetan, panas, debu polusi dan jalanan makin sempit saja dengan terbaginya jalan khusus bushway di tengah.  Di balik gemerlap kota Jakarta masih ada rumah-rumah yang tak layak huni di pinggiran kali.  Miris memang tingkat sosial yang makin jomplang dan tingkat kriminalitas tinggi di Ibu kota. Kehidupan ibu kota sangat keras bahkan ada yang bilang “Ibu Kota Lebih Kejam daripada Ibu Tiri”.

Pagi itu saya ada keperluan ke Jakarta dan mencoba menikmati perjalanan. Berbagai aktivitas bisa kita lihat di pinggir jalanan Jakarta dari pedagang, pengamen, peminta-minta dll.  Mata saya tertuju dengan seorang bapak yang sedang menghitung lembaran uang recehan seribu dan dua ribu. Saya heran melihat prilaku bapak ini, uang recehan tersebut satu persatu diletakkan dekat bola matanya. Ternyata setelah seksama saya perhatikan sebelah matanya buta dan satunya lagi sepertinya kabur (tidak jelas) sehingga untuk melihat uang harus dengan jarak dekat sekali dengan mata. Kasian saya melihat bapak itu.  Namun Bapak ini bisa beruntung, dengan keterbatasannya melihat maka beliau tidak bisa melihat para gadis-gadis penjaja rokok dengan rok mininya, atau melihat hal-hal negatif lainnya yang terlarang sehingga beliau terhindar dari maksiat mata.

Mata dan Ibu kota bisa menggoda iman seseorang. Godaan Ibu kota sangat besar dari fashion (mode), food (makanan), dan fun (kesenangan). Di akhirat kelak,  mata ini akan berbicara apa saja yang pernah dilihat? bagaimana dengan diri ini sendiri yang memiliki penglihatan normal? sepanjang perjalanan membuat saya berpikir bahwa dalam kehidupan harus selalu mengambil hikmah dari segala peristiwa daripada mengeluh dan menyalahkan keadaan. Mata dunia bisa membuatmu gelap namun jangan biarkan mata akhiratmu gelap, karena mata seseorang boleh buta namun mata hati jangan sampai buta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: