Dewirahmawati8's Blog

Renungan Sepasang Kaki

Posted on: August 21, 2013

Image

Pagi hari saya berjalan kaki dan tak sengaja berjumpa dengan seorang bapak tua.  Posisi saya ada di belakang bapak tersebut dan tidak ada komunikasi diantara kami.  Ketika saya perhatikan, beliau berjalan tanpa alas kaki.  Saya tidak tau mengapa demikian, entah sandalnya putus, tidak punya alas kaki atau memang sengaja tidak memakai alas kaki. Tapi sepertinya Bapak ini sudah terbiasa berjalan kaki tanpa alas kaki, karena dari suaranya biasa saja ketika menjajakan dagangannya serta kedua kakinya tampak besar, tebal dan pecah-pecah.  Kedua kaki itu sebagai tumpuan berjalan kiloan meter untuk  mendorong gerobak yang berisi daganganya.  Bapak ini menjual keripik kacang, dan makanan lainnya. Kaki pencari nafkah tanpa lelah sebagai modal utama berjalan.  Mungkin di banding bapak tersebut, kaki saya belum ada apa-apanya, beliau demi keluarga rela mengais rezeki dengan berkeliling hanya menggunakan kakinya. Hal tersebut membuat saya merenung sepanjang melangkahkan kaki ini. Saya malu sama diri ini, kadang masih ada terselip lupa sama pemberian Allah :(   Apa yang telah saya perbuat dengan kaki ini? Sudah melangkah kemana saja kaki ini?  Kaki ini tempat berpijak di bumi, jangan pernah sombong dan berharap pujian dari penduduk bumi.  Ya..Rabb, maafkan hamba dengan segala alfa dengan kaki ini. Semoga dengan kaki ini saya lebih menghargai hidup dan bersyukur karena banyak orang lain yang kurang beruntung. Harapan di akhir hidup, kaki ini bisa menjadi saksi tambahan amal sholeh ketika di hari perhitungan kelak. Aamiin.  Bagaimana dengan kaki anda?

Leave a Reply

