Dewirahmawati8's Blog

Jalan-jalan ke pasar kurma Madinah

Posted on: April 16, 2013

Sesuai rencana pagi hari ini kami akan jalan-jalan ke pasar kurma bersama rombongan di bawah arahan pembimbing. Kami jalan kaki ke pasar kurma yang berada di kawasan bernama Qurban, letaknya tidak begitu jauh ± 400 m dari hotel, arah selatan Masjid Nabawi (patokannya sebelah kanan dari kubah hijau). Pasar tersebut buka dari pagi sampai malam hari. Perjalanan tidak terasa karena rame-rame, saya memperhatikan jalanan menuju pasar kurma agar hapal. Sampai di pasar ini cukup luas dengan  outlet-outlet kurma berjajar. Seperti layaknya pasar maka para penjualnya menawarkan barang jualannya dan mengajak para pembeli memasuki tokonya.  Puluhan jenis kurma yang masih asli (buah) maupun sudah diolah terpajang di sini.  Para pedagang Pasar Kurma Madinah juga bersaing dalam hal harga kepada para calon pembeli. Kejelian memilih aneka jajanan kurma dan kemahiran menawar harga menjadi kunci utama bertransaksi di pasar ini. Jika penjual tak mengerti bahasa Indonesia maka komunikasi satu satunya lewat bahasa isyarat (pakai kalkulator atau jari tangan untuk menunjukkan harga). Ada bahasa umum arab yang bisa kita mengerti seperti “La” artiya tidak boleh, kalau penjual bilang “kalam akhir”= harga pas, dan “halal” berarti harga jadi/dibolehkan. Kadang ada cerita seorang pembeli mendapatkan kurma dengan harga lebih murah dibandingkan pembeli lainnya. Padahal, jumlah makanan dan tempat membelinya sama. Namun, kita jangan mudah tertarik dengan harga murah. Pasti kondisi kurma tak sama, karena kadangkala kurma ini telah lama tersimpan dalam stoknya dan buahnya bagian dalam sudah kering.

Image

Gambar 1. Suasana di pasar kurma di Madinah

Kurma yang paling terkenal adalah kurma Madinah, karena daging buahnya kenyal, bentuknya besar, manis dan kering. Berbeda dengan jenis kurma lain yang rutin selalu dipanen setiap musim maka kurma Ajwa atau dikenal dengan kurma nabi paling mahal karena jarang berbuah, rasanya lembut, dan enak. Selain itu kurma yang memiliki ciri  berwarna agak kehitaman dan berkulit kering berkhasiat dan memiliki nilai pengobatan yang tinggi serta mampu menguatkan sistem imun badan. Hal ini sesuai sebuah hadis Rasulullah SAW : ”Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma Ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir” (HR. Bukhari). Kurma ajwapun ada gred/tingkatan kualitasnya semakin bagus semakin mahal. Rata-rata kurma ajwa dijual 60 riyal-90 riyal/kg tergantung besar kecil buahnya. Sebelum membeli kita bisa mencicipi kurma-kurma tersebut, biasanya sang penjual berteriak ‘halal halal’ artinya gratis. Dibanding Mekkah kurma lebih murah di Madinah (berbanding terbalik dengan busana atau peralatan elektronik maka Madinah jauh lebih mahal dibandingkan Makkah atau Jeddah). Kurma Ajwa ukuran kecil dengan harga sekitar 60 riyal di Madinah, maka di Makkah paling murah bisa 100 riyal per kilogramnya. Di Mekah kurmanya agak lama, pecah-pecah dan keras. Di Madinah kurmanya segar dan lembut. Ada pula yang menjual kurma muda yang dipercaya berkhasiat supaya cepat hamil harganya 10-15 riyal.  Kurma madinah yang murah lainnya berkisar antara 25 riyal-40 riyal/kg.

ImageImage

Gambar 2. kurma Ajwa (atas) dan kurma muda (muda)

Yang lebih simple ada juga kurma yang telah dipaking dalam kardus kecil, toples dan plastik kecil. Selain buah kurma, biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma juga tersedia di sini, banyak pilihan dari cokelat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, biskuit selai kurma dan kue keringnya. Di pasar ini saya hanya beli buah kurma, kurma isi kacang almond, kurma yang dilapisi coklat di bagian luarnya, dan madu. Karena saya penggemar coklat maka paling banyak coklat yang saya beli, harganya 20 riyal/kg.

Sepanjang jalan kalau diperhatikan toko-toko di Madinah lebih teratur berbanding Mekah. Setelah puas berkeliling pasar dan hari sudah menjelang siang, kami segera pulang ke hotel untuk menaruh belanjaan dan bersiap-siap untuk sholat dzuhur di Masjid Nabawi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: