Dewirahmawati8's Blog

Ada apa dengan Masjid Nabawi?

Posted on: April 15, 2013

Pertama kali saya menginjakkan kaki di halaman masjid Nabawi ketika sholat shubuh. Walaupun hari masih gelap sudah terlintas rasa kagum melihat arsitektur klasik dan kontemporer Islam di Masjid itu.  Luas masjid tersebut ± 235.000 m2 dan bisa menampung lebih 1 juta jamaah ketika musim haji.  Ketika menjelang siang bisa kita lihat halaman masjid yang tidak luput dari sentuhan teknologi. Yang paling berkesan dan unik adalah adanya payung-payung peneduh dengan desain sangat indah.  Payung-payung ini dibuka dan ditutup secara terjadwal dan otomatis sesuai fungsinya sebagai peneduh, mulai membuka pada pagi hari dan menutup kembali menjelang sore hari. Payung-payung yang di dominasi warna putih dan penyangga dengan desain artistik ini, menjadikan Masjid Nabawi semakin mempesona. Jumlahnya sangat banyak tersebar di halaman masjid, mungkin ratusan.  Pada tiang payung itu terdapat semacam kipas angin yang akan meniupkan udara udara lembab terutama pada saat siang hari.  Halaman masjid Nabawi sangat luas, bisa untuk menampung jamaah yang tidak kebagian di dalam masjid karena sudah penuh. Di lantai bawah masjid Nabawi ada tempat parkir dan tempat wudhu. Tangga escalator yang digunakan untuk menuju ke Basement. Tempat wudhunya sangat bersih dan keran-keran air tersusun rapi serta terdapat kursi-kursi dari marmer yang digunakan saat akan duduk berwudhu.

 Image

Gambar 1. Halaman depan Masjid Nabawi di Madinah

Pintu masuk di Masjid Nabawi ini banyak sekali dan masing-masing memiliki nama. Setiap pintunya terdapat ukiran berwarna keemasan yang indah sekali.  Pintu dan tempat sholat antara laki laki dan perempuan dipisahkan. Di samping pintu masuk besar ada beberapa rak yang digunakan untuk menyimpan rak/sepatu, tapi lebih baik sepatu/sandal sebelumnya dibungkus dulu dengan tas kecil dan dibawa masuk ke dalam masjid, sehingga kita bisa keluar dari pintu mana saja tidak tergantung pintu masuk tadi. Di dalam masjid tentunya udara berpendingin (AC). Didalamnya juga terdapat ratusan tiang-tiang berwarna putih dengan ornament emas berjajar rapi. Di atas terdapat lampu-lampu kristal raksasa. Sama halnya dengan di Masjidil haram, di Masjid Nabawi juga tersedia tabung tabung galon berisi air zam zam. Air tersebut khusus didatangkan dari Mekkah dan di letakkan di tepi-tepi jalan utama di dalam masjid.  Airnya ada yang cool dan ada yang tidak.

 Image

Gambar 2. Pintu masuk jamaah perempuan

Salah satu kubah dan menara Masjid Nabawi ada yang berwarna Hijau. Persis dibawah Kubah Hijau itulah makam Nabi Muhammad SAW berada. Di masjid ini terkenal pula Raudhah atau taman surga adalah suatu tempat yang berada di antara Makam Rosulullah SAW dengan Mimbar. Ukuran Raudhah tidak begitu besar sehingga ketika kita ingin sholat disini harus sabar karena antri dan berdesak desakan. Saya harus melalui barisan jamaah dari berbagai negara seperti Turki, India, Pakistan, Malaysia, dan Negro.  Biasanya Melayu di pisah dengan negara lain, karena rata-rata orang kita bertubuh kecil sehingga untuk menghindari tubrukan, orang Negro di dahulukan. Sehingga di musim haji ada grup Asia, grup Iran, grup Afrika dan grup lain-lain. Hal ini untuk keselamatan dan ketertiban ziarah. Saya sholat di Raudhoh pasrah, seandainya ketika sujud terinjak atau nyawa taruhannya. Karena pernah ada kejadian leher patah, akibat dorong-dorongan dan terinjak. Biasanya kalau sholat di barisan depan ada askar yang suka menjaga ketika kita sholat atau salah satu teman kita saling bergantian melindungi kita ketika sholat di Raudoh. Walaupun sulit dan hanya waktu-waktu tertentu raudhoh di buka untuk jamaah perempuan, biasanya setelah shalat Subuh dan Dzuhur. Berbeda dengan pria terbuka kapan saja karena Raudhah ini letaknya di area shalat pria sehingga perempuan mau ke sana, harus menunggu petugas membuka batas shalat. Tapi usahakanlah untuk sholat di Rhaudah, selain tempat yang mustajab untuk berdoa dan orang yang shalat di raudhah juga disamakan dengan shalat di salah satu taman surga. Di area Raudhah dikasih hijab/pembatas untuk menutupi makam Rasulullah dan disampingnya ada 2 makam sahabatnya yaitu Abu Bakar dan Sayyidina Umar.  Keistimewaan lain yang menggiurkan ketika shalat di Masjid Nabawi adalah pahala orang yang shalat di Masjid ini sama dengan orang yang shalat 1.000x di masjid lainnya. Rasulullah SAW juga bersabda, “Barangsiapa yang berziarah ke makamku setelah aku meninggal dunia maka seolah-olah dia berziarah kepadaku saat aku masih hidup.”  Sebaiknya ketika berziarah ke makam beliau kita merenung, mengambil pelajaran, dan tidak berbuat bid’ah.

 Image

Gambar 3. Kubah Hijau  tempat makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam Masjid Nabawi

Tidak jauh dari Masjid Nabawi terdapat kompleks pemakaman yaitu maqam Baqi contoh pemakaman yang asli secara hukum islam karena seluruh makam rata dengan tanah, tidak ada gundukan ataupun batu nisan, tidak di tembok, tidak ada bangunan di atasnya, yang ada hanyalah batu-batuan yang berserakan sebagai penanda makam tanpa ada nama. Ini adalah tanah kuburan untuk penduduk Madinah sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. Jemaah haji yang meninggal di Madinah di makamkan di sini.  Di Baqi ada juga beberapa pusara keluarga Rosulullah SAW dan para Syuhada. Para peziarah laki-laki pada waktu tertentu dibolehkan oleh petugas untuk memasuki areal pemakaman, sedangkan para wanita hanya bisa berziarah dari luar pagar. Di sekeliling pemakaman Baqi ini di pagari dengan tembok yang tinggi dan bagian luarnya terdapat toko-toko. Saat ini, di sekitar pemakaman Baqi juga banyak berdiri hotel-hotel megah yang berbintang sehingga pemaqaman Baqi dapat terlihat jelas dari hotel.

Image

Gambar 4. Pemakaman Baqi tempat perkuburan keluarga Rasul, syuhada dan para jamah haji yang wafat di Madinah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: