Dewirahmawati8's Blog

Antara misfalah dan Jarwal

Posted on: March 21, 2013

Siang itu dengan memakai payung saya keluar maktab menuju Jarwal (maktab daerah tempat Eyang ti dan Eyang kangkung mereka adalah mertua kakak). Padahal saya sendiri tidak tahu lokasi Jarwal itu ada di mana. Modal nekat dengan patokan masjidil haram. Jalan kaki sendirian saja karena saya juga tidak mau merepotkan orang lain kalau minta antar ke Jarwal. Pembimbing yayasan juga pasti lebih di butuhkan oleh jamaah lain dibanding saya. Sebenernya kita tidak pernah sendiri secara gaib Allah swt selalu bersama kita, selama hati tenang dan selalu mengingatNya Insyaalah saya sampai, itu keyakinan saya. Selain itu di sepanjang jalan menuju maupun balik dari masjidil haram banyak jamaah haji Indonesia, kita bisa bergabung jalan bersama mereka, sehingga jika sendirian lebih aman jalan kaki daripada naik kendaraan.  Saya bertemu Ustad Rauf dan bu Hani di jalan mereka baru pulang dari masjdil haram. Setelah sampai masjidil haram, saya melihat-lihat jamaah yang bisa jadi tempat bertanya. Saya pilih pasangan suami istri dengan terlebih dahulu memperhatikan gelang di tangannya yang sama dengan saya. Hal ini menandakan mereka juga jamaah haji sehingga bisa dipercaya. Pertama-tama menyapa mereka dengan menunjukkan tanda pengenal saya, supaya tidak menimbulkan kecurigaan. Kemudian baru bertanya mengetahui tidak letak Jarwal arah mana. Alhamdulillah orang ketiga yang saya tanya tau, dia menunjuk ke arah melewati terowongan.  Setelah mengucapkan terimaksih sayapun melanjutkan perjalanan. Di jalan saya bertemu dengan sepasang suami istri dari Makasar, kebetulan maktab mereka searah dengan Jarwal.  Jalanan belok dan menurun dari masjidil haram. Lumayanlah jalan 1-2 km lagi. Daerahnya lebih sepi di banding misfalah.  Akhirnya saya menemukan juga maktab Eyang. Sampai di kamar Eyang kaget, karena saya sampai ke maktabnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Saya hanya bisa tersenyum, karena kalau ngasih tau terus gak sampai-sampai maktab, nanti kepikiran lagi. Lebih baik surprise.

 Maktab eyang di dalam kamar ada dapur dan kamar mandi sendiri, namun jumlah jamaahnya sangat banyak.  Eyang kangkung memang setelah dari arafah belum lagi ke masjidl haram karena sakit, sehingga kita tidak bisa bertemu di mesjid. Setelah memperkenalkan saya dengan teman-teman eyang, kami pun ngalor ngidul ngobrol di kamar. Sebelum hari menjelang senja saya pun pamit sama eyang mau ke masjid.  Pulangnya berbarengan dengan teman Eyang yang akan ke masjid juga.  Pas maghrib saya sudah tiba di masjidil haram, namun kebagian sholat di teras.  Malam pun tiba, saatnya saya pulang ke maktab. Untunglah ini kaki buatan Allah, kalau bukan mungkin sudah copot di bawa jalan terus (jarak dari misfalah dan jarwal ± 4km, hitung saja PP jadi 8 km, plus tadi pagi juga sudah PP sholat tahajud dan shubuh di masjidil haram).  Kalau ditotal lebih 10 km hari ini saya jalan, amazing….. sebelumnya saya belum pernah berjalan sejauh ini.  Di jalan tidak begitu terasa cape, karena ini semua tidak di jadikan beban.  Tapi yang pasti sampai maktab langsung tepar di tempat tidur🙂.

Eyang sudah memiliki segalanya rumah, tanah, kebun, mobil, jabatan, anak, mantu dan cucu, semua ditinggalkan untuk ibadah haji seperti itulah kematian tidak ada yang bisa kita bawa. Kenyamanan di rumah sendiri harus di hilangkan dan harus berbagi dengan yang lain. Fasilitas seadanya dan teman kamar yang seumuran, lebih mudah bentrok karena masing-masing merasa benar. Berbeda dengan saya jadi anak bawang/paling muda di kamar sehingga tidak pernah terjadi gesekan karena semua sayang sama saya, selain sayanya juga jarang ada di kamar:) . Pelajaran hari ini adalah kesederhanaan hidup sebagaimana kesederhanaan ihram. Sepulang dari haji bukan gelar haji yang penting tapi prilaku kita berubah menjadi lebih baik.  Gelar juga adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan di keluarga maupun di hadapan Allah Swt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: