Dewirahmawati8's Blog

Jabal Rahmah, bukit paling romantis di seluruh dunia

Posted on: March 14, 2013

Image

Setelah dari Jabal Tsur, kunjungan jamaah selanjutnya adalah ke Jabal Rahmah. Sebelum turun dari bis Pak Misran (pembimbing haji)  sambil tersenyum berkata “jangan lupa berdoa ya wi”  dan saya menjawabnya hanya dengan sebuah senyuman. Sampai di Jabal rahmah, bis kami harus mencari tempat parkir, karena area sudah penuh dengan kendaraan lain. Sehingga dari bis kami jalan kaki terlebih dahulu untuk menuju Jabal Rahmah.   Teras/halaman Jabal Rahmah lumayan luas, dari sini sudah terlihat bukit berbatu yang terletak di bagian timur Padang Arafah kota Mekkah.  Jabal Rahmah yang terkenal memiliki nilai historis sebagai pertemuan antara Adam dan Hawa setelah mereka dipisahkan dan diturunkan dari syurga oleh Allah selama bertahun-tahun, karena satu dosa yaitu memakan buah khuldi yang terlarang.

 Jabal artinya bukit/gunung dan rahmah artinya kasih sayang.  Karena lokasi ini adalah tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Mereka terpisah sangat jauh, yaitu saat turun dari Surga, Adam turun di India, sementara Hawa turun di Jeddah. Mereka saling mencari dan berdoa agar bisa dipertemukan. Akhirnya di Jabal Rahmah mereka bisa bertemu kembali setelah berpisah selama 200 tahun. Peristiwa yang mengharukan berupa pertemuan Adam dan  Hawa di Arafah ini dijadikan tempat pertemuan umat manusia setiap tahun.

Saya menyempatkan diri untuk naik ke atas bukit Jabal Rahmah melalui jalan berupa tangga yang berkelok-kelok, sehingga tidak semua jamaah mau naik ke atas.  Untuk menuju puncak Jabal Rahmah bisa ditempuh sekitar 5-10 menit, karena kita juga harus beselisihan jalan antara yang mau turun dan naik ke jabal.  Jabal tersebut tingginya ±15 meter dari permukaan tanah. Di bukit ini terdapat sebuah monumen/tiang/tugu besar yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar kurang dari 2 m dan tingginya ±8 m yang merupakan merupakan lambang atau ciri khas bagi Jabal Arafah. Awalnya tugu tersebut berwarna putih, namun sekarang berlepotan tinta warna biru dan tinta hitam para jamaah yang corat coret di tugu tersebut, terutama di bagian bawah.  Padahal hal ini tidak dibenarkan. Sepanjang tangga terlihat pergerakan ekonomi karena banyak yang menjual berbagai keperluan jamaah.  Di Atas bukit ada juga tukang foto keliling yang menjaja gambar.  Dari Atas kita bisa melihat onta-onta hias yang berwarna-warni. Befoto dengan Onta di sini tidaklah gratis. Jabal Rahmah terkenal sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa meminta jodoh.

Saya sangat senang sekali bisa naik sampai puncak Jabal Rahmah walaupun panas terik, sehingga topi dan kaca mata hitam merupakan aksesoris wajib jika kita pergi ke tempat ini. Jabal Rahmah yang menjadi simbol pertemuan sepasang manusia pada permulaan di muka bumi. Bukit yang paling romantis di seluruh dunia, karena dalam kurun waktu yang lama Adam & Hawa bisa bertemu di sini. Sunguh indah dan kisah cinta yang mengharukan serta tak akan hilang sepanjang zaman. Semoga kelak, saya kembali ke sini bersama tulang rusuk yang sudah ditemukan. Aamiin. Jodoh itu rahasia Allah, segala sesuatu pasti ada hikmahnya, cepat atau lambat hikmah dan rahasia itu akan tersingkap seperti kisah Nabi Adam dan Hawa. Sekalipun tidak di dunia fana, tentu di akhirat sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: