Dewirahmawati8's Blog

Indahnya berbagi pengalaman (Edisi Masjidil Haram )

Posted on: February 18, 2013

Kesan di Mekah yang paling terasa adalah ketika suara azan berkumandang menyentuh hati karena sang muadzin memiliki suara yang bagus. Selain itu kalau suara adzan berarti segala aktivitas siap-siap untuk segera diberhentikan. Ketika sudah masuk waktu sholat, semua kendaraan berhenti dan ditinggalkan kosong karena sopir dan para penumpangnya masuk masjid melaksanakan sholat berjamaah. Begitu pula penjaga toko, mall, restoran dll, semua aktivitas otomatis terhenti.  Di Mekkah setiap tiba waktu sholat masjid-masjid penuh dan orang-orang tampak melaksanakan sholat berjamaah di berbagai tempat, di pinggir jalan, di depan toko, dan lainnya.

Menjelang ibadah haji jalanan menuju Masjidil Haram selalu penuh dengan lautan manusia dari berbagai penjuru dunia, sehingga jalan kaki adalah ‘makanan’ sehari-hari. Berdasarkan pengalaman tersebut sangat dianjurkan untuk latihan berjalan kaki dan siap panas-panasan ketika kita masih di Indonesia, agar sampai di Mekkah tubuh tidak kaget dan hanya memerlukan sedikit adaptasi. Kesehatan adalah hal yang paling penting dan mesti di jaga. Ibadah haji di Indonesia identik dengan yang sudah berumur atau pensiun, karena masih bisa dihitung dengan jari yang muda yang berhaji. Padahal ibadah haji bukan sekedar bekal materi, karena ibadah haji sebagian besar adalah ibadah fisik. Semoga tahun-tahun mendatang banyak generasi muda yang mengunjungi Baitulloh. Maktab Misfalah ke Masjidil Haram yang berjarak sekiitar 2,5 km kalau ingin naik kendaraan umum hanya 2 riyal atau setara dengan Rp 6.000 (kurs rata-rata 3.000).  Namun semakin dekat dengan waktu haji akan sangat sulit sekali kendaraan melewati jalanan karena banyaknya pejalan kaki.

Saat memasuki Masjidil Haram saya sangat mengagumi kemegahan dan keindahan arsitekturnya. Setiap tahun pemerintah Arab Saudi selalu merenovasi dan memperluas Masjidil Haram agar nyaman untuk Jamaah.  Masjidil Haram adalah masjid Raksasa hingga memiliki sangat banyak pintu hingga ratusan (± 129 termasuk pintu utama), tiap pintu memiliki nama sendiri karena banyaknya jumlah pintu tersebut tak heran jika banyak jamaah yang tersesat ketika keluar dari Masjidil Haram. Sangat dianjurkan untuk mengenali pintu dengan cara mengingat no.pintu atau namanya, selain itu di depan pintu tersebut terdapat bangunan apa saja sebagai tanda yang bisa kita gunakan untuk mengingat keluar masuknya kita dari Majidil Haram. Diantara pintu-pintu tersebut terdapat sebuah pintu yang sangat populer dan paling utama dan biasanya sering menjadi terdapat bergerombol para jamaah yang menginginkannya untuk memasuki pintu tersebut. Pintu tersebut bernama Babus Salam, dengan melalui pintu tersebut akan dapat langsung melihat ka’bah, Hajar Aswat, Maqam Ibrahim dan Hijir Ismail. Setiap pintu telah dilengkapi dengan lampu penunjuk berwarna merah dan hijau, jika lampu hijau menyala, berarti di dalam masjid masih terdapat tempat yang kosong. Namun, jika lampu merah menyala, berarti tak ada tempat lagi di dalam masjid. Sehingga kita terpaksa sholat di halaman masjid atau naik ke lantai berikutnya.  Biasanya saya minimal 1 jam sebelum adzan berkumandang sudah berangkat ke Masjidil Haram supaya lebih mudah memilih tempat dan tak terlalu berdesakan dengan jamaah lainnya.

Semoga kita semua berkesempatan mengunjungi Baitulloh sebelum dipanggil ke rahmatulloh. Selagi masih muda, diberi kesehatan adalah modal yang tak kalah penting ketika pergi haji selain materi. Ayo…yang muda yang berhaji! # Hidup adalah sebuah kekayaan, kenapa takut memberi walaupun hanya sebuah pengalaman. Jangan takut jatuh saat melangah untuk kebaikan yang perlu kita khawatirkan adalah tidak melangah sama sekali. Mari terus berbagi kebaikan. Salam ukhuwah, “ana nuhibbukum fillah”.

Image

Gambar di dalam masjidil haram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: