Dewirahmawati8's Blog

Tidur ah…dapatkan berkah-Nya

Posted on: October 16, 2009

Lihatlah si meong  tidur di manapun, terlihat lelap, tanpa masalah, hidupnya sederhana tak memerlukan busa yang empuk dan fasilitas yang memadai untuk memejamkan matanya.  Saya pun mulai memejamkan mata, sayup-sayup kudengar celetuk mom ” uh…teteh dasar pelor,  ayo pindah ke kamar”  ketika melihatku sudah tertidur di kursi.  Tapi saya tak peduli tetap meneruskan ke alam ku sendiri.  Ini contoh yang kurang bagus, tidur tak pada tempatnya (jangan ditiru ya!).  Biasanya kalau sudah ngantuk dan kecapaian semua lewat…. Memang tak semua orang di beri kemudahan untuk tidur di mana  pun. Saya sendiri adalah tipe orang yang mudah tidur,  apalagi dalam perjalanan, hanya sesaat terjaga.  Apa jadinya tubuh ini jika tidak tidur?  berarti tidak istirahat sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Tidur adalah anugrah, karena ada orang yang susah tidur atau yang dikenal dengan istilah  insomnia.  Bersyukurlah saya yang bisa tidur teratur. Apalagi kalau sudah minum susu, padamkan lampu, ambil boneka yang bisa dipeluk, biarlah orang di luar sana asyik dengan dunianya, saya pun tak akan terganggu.

Adab tidur, salah satu etika kita bertamu di alam lain (hi..hi.. seperti mau kemana saja).  Tidur tanpa maksud???  kadang itu mungkin sering di lakukan, tidur hanya tinggal memejamkan mata, kemudian bangun dan selesai.  Alangkah sayangnya jika melewatkan suatu aktivitas tanpa ada pahala lebih.

Ada tips tidur yang baik seperti yang di anjurkan jika punya masalah susah bangun pagi: termasuk saya he..he…jadi malu, makanya berbagi yaitu : Pertama adalah menguatkan tekad tidur dan tidak banyak pikiran, tidak dalam kondisi kekenyangan, berwudhu sebelum tidur, mengaktifkan alarm, menghadap ke kanan, berdoa, tidurlah dengan rileks, so siap menghadapi pagi, sambut dengan keceriaan dan hati yang cerah, amin……

Konon katanya ketika kita tidur, maka  setan melilit leher seseorang yang tertidur dengan 3 lilitan.  Dengan setiap lilitan setan membisikkan nikmatilah malam yang panjang ini. Ada tiga hal yang dapat melepaskan 3 lilitan tersebut yaitu pertama apabila orang itu bangun mengingat Allah maka lepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu maka lepaslah lilitan ke dua. Kemudian apabila ia sholat  maka lepaslah lilitan ke tiga (H.R Bukhori Muslim).

Paling sulit bangun tidur sholat shubuh jama’ah, sehingga harus tepat waktu bangunnya.  Jadi ma’mum saja harus ada perjuangan, apalagi jadi imam keluarga atau negara tanggung jawabnya akan lebih besar, karena masalah umat. Ya…Allah tunjukkan kepadaku yang benar tampak benar. Selamat menikmati tidur anda, semoga dengan tidurmu mendapat berkah-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: