Dewirahmawati8's Blog

Dewi “Petani” sehari

Posted on: September 1, 2009

Selama bulan ramadhan ini, saya sepi dengan kegiatan seminar maupun pelatihan, karena umat muslim fokus ke ibadah puasa sehingga jarang instansi atau panitia penyelenggara mengadakan kegiatan tersebut.  Berbeda dengan bulan lalu beberapa pelatihan saya ikuti dari pelatihan menulis, tentang mikoriza, enterpreneurship, pertanian organik, dan penelusuran pustaka digital. Diantara pelatihan tersebut yang sangat berkesan di hati adalah pelatihan pertanian organik. Awal juli 2009 saya mengikuti pelatihan itu dan sebagai pengajar utama adalah Dosen IPB yang bergelar Doktor, selain itu beliau juga sebagai konsultan dan petani yang sukses. Menurut Pak Sugi begitu panggilannya, pertanian organik adalah sistem produksi yang holistik yang dirancang untuk produksi yang optimum dan seluruh komunitas dalam agroekosistem sehat termasuk tanah, tanaman, ternak, tanaman, dan manusianya.  Tujuan utama pertanian organik adalah mengembangkan usaha tani yang produktif, berkelanjutan dan harmonis dengan lingkungannya. Praktek pengelolaan yang intensif dipilih dengan memperhatikan kestabilan ekologi usaha tani dan lingkungan sekitarnya.

Saya sangat tertarik dengan praktek pertanian, kegiatan tersebut dilaksanakan di daerah dramaga, belakang kampus IPB. Praktek pertama adalah pembuatan pupuk organik dari tanaman jagung atau rumput yang dicacah dengan mesin menjadi ukuran yang lebih kecil, setelah itu dicampur dengan kotoran kambing, disemprot larutan biotik kemudian ditutup dengan terpal dan dibiarkan sehingga terjadi fermentasi. Kegiatan selanjutnya adalah pemilihan benih, ternyata cukup sederhana, kita hanya menyediakan ember yang berisi air dan telur kemudian diberi garam sampai telur ayam yang dimasukkan ke dalam ember tersebut mengambang di permukaan. Benih-benih gabah dimasukkan ke dalam ember itu dan benih yang tenggelam adalah benih yang bagus untuk dijadikan bibit padi.  Disana tentunya ada sawah sebagai tempat uji coba tanam padi. Tantangan bagi saya harus terjun langsung ke sawah yang penuh lumpur, becek dan berbau.  Awalnya takut gatal, kulit jadi kotor, pakaian jadi dekil, panas terik matahari dll. Tak lupa pinjam camping, akhirnya Dewi “petani” masuk juga ke sawah, seru abis, bisa dikatakan noraklah baru merasakan dunia persawahan. Sedikitnya ada beberapa hal yang saya tahu melalui praktek langsung ini, bukan hanya sekedar teori. Paling narsis deh, berpose di sawah, minta di foto trus bak model ha…ha…..Kalau di buat judul sinetron lucu juga tuh Dewi sang petani dadakan:)  Dijamin pasti ga laku kecuali mungkin untuk kegiatan pengajaran.  Alternatif lain biar laris manis judulnya cintaku nyemplung di sawah wakakkk….bukannnya sekarang sinetron banyaknya tentang cinta-cintaan dari pada sinetron yang berbau pendidikan?

Sebagai sebagai alumni IPB sempat malu juga ketika ditanya Abah (kakek) tentang sawah, ya…mana saya tau, tidak pernah ke sawah, dan selama kuliah  pegang cangkul saja tidak pernah.  Karena saya memang bukan jurusan pertanian, tapi persepsi sebagian orang-orang anak IPB pasti jago urusan sawah, padahal salah besar…karena dalam pelatihan itu ada juga 2 orang yang bergelar S3 lulusan IPB dan dosen juga ternyata tidak pernah ke sawah.

Jadi Dewi “petani” sehari ada pelajaran baru yang dapat dirasakan langsung antara lain  kotor-kotoran, ilmu padi dan filosofi menghargai perjuangan petani……penanam padi hanya menarima upah kecil dan menjalani hidup dengan sederhana. beruntunglah saya kerja tidak harus panas-panasan.  Jika ikhlas, kerja adalah ibadah maka keringat yang bercucuran adalah doa pada Allah swt.

Terjun ke sawah mungkin menakutkan untuk sesuatu yang belum pernah dicoba, tapi kalau kita tak melakukannya sendiri tak akan pernah tahu………ada kemauan bisa kok, segala resiko harus dilalui.  Dewi “Petani” sehari, pengalaman pertama yang sangat berkesan. Ya…Allah jika cintaku adalah tetesan rahmatMu, maka meresaplah ke dalam bumi, bertumbuhanlah tanaman kasih sayang dan pengertian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: