Dewirahmawati8's Blog

Binatang juga ingin disayang

Posted on: July 28, 2009

Kala senja menghiasi kota Bogor, matahari mulai bergerak ke peraduannya.  Memang hari ini saya pulang rada telat, tidak seperti biasa jam 16.00 wib.  Sambil menunggu kendaraan, saya berdiri di sebrang Tugu Kujang.  Jalanan sepanjang Pajajaran padat, mobil yang berhenti di lampu merah, orang-orang ramai dan banyak aktivitas dari pedagang, pengamen, dan polisi yang berdiri di pinggir jalan mengatur kendaraan yang melintas.  Tak sengaja pandangan saya tertuju pada anak-anak di bawah pohon rindang, mereka asyik bercengkrama dan bersenda gurau tanpa ada beban.  Hmm….kasian mereka menjadi anak jalanan, kesamaan nasiblah yang mempertemukan mereka di sana.  Saya bersyukur kehidupan mereka berbeda dengan masa kecilku yang tidak pernah hidup di jalanan.  Sama seperti kita, mereka tak ingin hidup tak menentu, pakaian jauh dari layak, kulit yang dekil, dan mereka pun jadi rada tengil. Karena kehidupan jalanan yang begitu keras, mereka harus bekerja keras, tak peduli panas dan hujan deras serta harus melawan arus hidup.

Tiba-tiba saya terkejut diantara mereka ada yang sedang menyiksa kucing, tubuh kucing ditidurkan kemudian lehernya di cekik.  Kucing meronta-ronta tapi pegangan anak itu begitu kuat. Entah apa maksud anak kecil itu, mengajak bermain atau memang sengaja menyakiti kucing.  Melihat hal tersebut, saya tak bisa tinggal diam, saya mulai mendekati anak tersebut.  Salah satu teman anak itu, langsung bicara dengan saya, katanya ”marahin saja dia, mba” karena temannya itu takut saya salahkan juga.  Anak tadi berhenti dan melepaskan kucing, setelah saya pandangin terus menerus dengan memicingkan mata sebagai isyarat saya tidak setuju dengan perbuatan keji.  Setelah kucing pergi menjauh, saya juga berlalu dari hadapan mereka. Kesal juga melihat perbuatan penganiayaan walaupun hanya terhadap seekor binatang, ingin marah tapi percuma tidak akan menyelesaikan masalah, mereka masih di bawah umur belum mengerti sepenuhnya arti kasih sayang sesungguhnya  terhadap sesama makhluk Tuhan. Pelajaran hidup di jalanan tidak memberi tata krama yang berarti bagi mereka. Mungkin orang tua mereka juga tidak sempat mendidik karena yang lebih penting adalah mengejar setoran.  Selain bangku sekolah juga tidak sempat tercicipi sampai selesai karena urusan perut lebih menuntut. Mereka hanya mengangggap kucing hanyalah binatang biasa.  Padahal seperti layaknya manusia, binatang juga ingin disayang, mereka punya insting.  Saya termasuk orang yang paling tidak suka jika ada yang menyakiti binatang.

Secara ilmiah, kode etik terhadap binatang pun ada, salah satunya jika kita melakukan riset menggunakan binatang sebagai bahan eksperimen, maka harus terdapat surat pernyataan bahwa ada perlakuan khusus terhadap binatang riset dengan memenuhi standar aturan tertentu, tidak seenaknya saja.  Terutama di dunia kedokteran hewan, itu merupakan salah satu syarat jika hasil riset tersebut mau di akui dan masuk jurnal internasional untuk dipublikasikan.  Apabila kita ingin dihormati dan dihargai maka harus mampu menunjukkan sikap dan prilaku sebagai manusia yang bertanggung jawab. Binatang diciptakan Tuhan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  Binatang juga ingin disayang, mereka bisa merasakan jika kita bisa bersikap baik terhadap mereka.  Perlakukan sesama makhluk hidup dengan wajar, jika tak suka dengan binatang bukan berarti anda boleh menyakitinya.  Bintang juga sama seperti manusia kadang-kadang perasa. Berteriak dan suara yang keras dapat menyebabkan binatang mengalami kepanikan dan kelakuannya bisa menggangu sekitarnya.  Binatang juga ingin disayang, serta bisa menjadi sahabat kita.

Leave a Reply

