Dewirahmawati8's Blog

Amanita….indah tapi beracun

Posted on: July 9, 2009

Secara morfologi, Amanita termasuk organisme heterotrof karena tidak mempunyai pigmen hijau daun (khlorofil) untuk melakukan proses fotosintesis. Tubuh buah seperti payung dengan tudung berwarna merah, coklat muda, coklat tua sampai kuning dengan bintik-bintik putih. Dapat hidup sebagai saprofit atau parasit. Menurut Ainsworth (1973), cendawan ini dicirikan sebagai tumbuhan talus dengan struktur tubuh uniseluler atau berfilamen, bersifat amotil, dinding sel mengandung kitin dan selulosa, serta memiliki inti sel (eukariot). Pada umumnya dapat berkembang biak secara seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif). 

Di bawah pohon besar nan rindang tumbuhlah Amanita yang sedang mekar. Amanita adalah salah satu cendawan yang indah dan berwarna cerah. Panggilannya sih gaya, namun sadis sebagai  cendawan kematian.  Di balik keindahannya, Amanita ini mengandung toksin berupa α-amanitin yang merusak hati dan ginjal. Kerusakan ginjal menyebabkan berkurangnya produksi air kemih atau bahkan tidak ada sama sekali. Sedangkan kerusakan hati mengakibatkan sakit kuning yang biasanya muncul dalam kurun waktu 2-3 hari dan penderita akan meninggal dalam kurun waktu 5-8 hari. 

Pada tahun 1941, racun amanitin ini ditemukan oleh Wieland H dan R. Hallermayer. Diare dan kejang merupakan gejala-gejala pertama akibat keracunan amanitin.  Konon Amanita menyebabkan kematian Maharaja Rom, Claudius dan Maha Raja kudus (Charles VI). 

Kita harus hati-hati jika menemukan cendawan yang belum kita kenal dan jangan sekali-kali mencoba untuk memakannya terutama yang berwarna cerah, karena biasanya beracun. Jika kita berada di hutan, cara praktis  lihatlah apakah ada hewan yang makan cendawan tersebut, maka kita akan tahu cendawan tersebut aman dikonsumsi. Tidak semua cendawan dapat dimakan. Kisah amanita ini bisa diterapkan pada kehidupan kita sebagai manusia.  Jangan melihat atau menilai orang hanya dari penampilan luar, karena kita tak pernah tahu dalamnya seseorang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: