Dewirahmawati8's Blog

Perjalanan MEKKAH – MADINAH

Posted on: April 11, 2013

Perjalanan kami ke Madinah dilakukan pada malam hari setelah maghrib. Naik bis bersama rombongan haji lainnya. Di dalam bis masing-masing kami menerima pasfor dari ketua, karena sebelum memasuki kota Madinah ada pemeriksaaan pasfor. Perjalanan ini mengingatkan kita akan hijrahnya Rasul bersama sahabat beliau Abu Bakar dengan hanya mengendarai Onta selama 8 hari dengan kondisi padang pasir. Berbeda dengan zaman sekarang jalanan sudah  aspal mulus. Jalan baru tersebut dibuat berdasarkan jalur Hijrah Rasulullah SAW.  Ada dua jalur pulang-pergi dan tiap jalur lebarnya cukup untuk tiga buah kendaraan lebih luas dari jalan tol Jagorawi atau Cikampek. Di antara dua jalan dibuat jalur pemisah yang dipasangi lampu-lampu jala. Baru 2 jam perjalanan, bis kami berhenti di pinggir jalan. Udara yang dingin sehingga supir bis berhenti di dekat orang yang membuat perapian.  Jamaah pun turun  dan diberi susu hangat serta kurma gratis, kemudian beberapa saat kami menghangatkan diri di depan perapian.  Selanjutnya bis pun melaju kembali.  Tidak banyak yang dapat saya lihat karena suasana gelap, sehingga saya pun terlelap dalam tidur.

Sebelum sampai di kota Madinah, supir bis kembali memarkir bisnya di tempat pemberhentian. Ternyata sudah banyak bis – bis lain yang sudah berjejejer berhenti di sini untuk beristirahat. Di tempat ini terdapat stasiun pengisian bahan bakar, toko mini, restoran, WC dan masjid. Tempat pemberhentian ini sebenarnya merupakan wilayah Badar, suatu tempat bersejarah semasa Rasulullah SAW menegakkan Islam.

 Udara dingin dengan hawa menyegarkan menerpa wajah dan meresap ke seluruh badan ketika masuk kota Madinah.  Jalan-jalan lebar, asri, bersih dan beraspal mulus. Sekitar ±6 jam jarak tempuh Mekkah – Madinah. Tengah malam bis kami sudah sampai hotel.  Pembagian kunci dan kamar untuk masing-masing rombongan. Biasanya di sini suka terdapat masalah, jika kurang koordinasi dengan ketua rombongan, karena hotel di Madinah memiliki kapasitas ruangan yang beragam dari hanya untuk 2 orang per kamar sampai 8 orang per kamar. Hotel di Madinah tempatnya lebih bagus daripada Maktab Mekkah dan hanya berjarak ± 100 dari Masjid Nabawi, sehingga payung-payung masjid Nabawi bisa terlihat dari hotel. Sholat shubuh pertama di Masjid Nabawi, kita bisa lihat jamaah haji tampak berduyun-duyun berjalan kaki dari hotel mereka menuju Masjid Nabawi untuk melaksanakan sholat.  Tata kota di sekitar Masjid Nabawi pun begitu rapi dan teratur, bangunan gedung, pasar dan hotel-hotel menjulang tinggi terhampar di sekeliling masjid.

madinah movenpickGambar 1. Madinah Movenpick adalah bangunan mall dan hotel sangat dekat dengan tempat rombongan kami menginap, sehingga bisa hanya berjalan kaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: