Dewirahmawati8's Blog

Tawaf Is Amazing

Posted on: March 4, 2013

Kalimat yang membuat merinding bila kita ucapkan dengan setulus kalbu yaitu senandung talbiah, memberi makna mendalam utuk para jamaah haji di mana kita memenuhi panggilan dan mentaati perintahNya, berjanji untuk tidak menyekutukanNya serta segala nikmat, pujian kepunyaanNya. Setelah selesai mabit dan melontar jumrah, kami kembali ke maktab kemudian tawaf ke Masjidil Haram, tak lupa bertalbiah di sepanjang perjalanan.  Tawaf adalah mengelilingi 7 kali ka’bah di mulai dari hajar aswad dan kembali ke hajar aswad sebagai lambang pergerakan alam semesta yang selalu berorientasi kepada ketundukan pada Allah SWT. Sebagaimana perjalanan hidup manusia bergerak menurut aturan-aturanNya dan daur kehidupan yang digariskanNya. Tawaf juga merupakan ibadah penghayatan atas lingkaran kehidupan dari lahir hingga mati. Kegiatan tawaf sama halnya dengan sholat dalam keadaan suci hadas dan perbanyak waktu untuk mengingat Allah, walaupun di perbolehkan untuk bicara.

Di pelataran ka’bah memandangi Ka’bah, keharuan memenuhi hati ini. Kegiatan tawaf  tidak hanya melibatkan fungsi fisik semata (pandangan mata&melangkahkan kaki), tapi tawaf adalah kegiatan yang melibatkan seluruh indra, hati, dan rasa.  Gelombang manusia di sana yang bergerak melawan arah jarum jam.  Ketika hati ikhlas dan khusus dengan dzikir serta doa tak terasa sedikitpun hiruk pikuk yang melelahkan, tak terasa kesempitan ruang yang menghimpit, tak terasa gerah dan panas. Berada di ka’bah, hanya energi positif, kebahagiaan dan ketenangan yang ada.

Tawaf di pelataran ka’bah memang lebih singkat namun harus ekstra sabar. Hati-hati menjaga tindakan, hati dan lisan karena suka terjadi dorong-dorongan, sikut menyikut, suara-suara riuh. Hindari ngomel atau mengeluh karena terdorong oleh mereka yang di belakang, samping kiri atau kanan. Memang manusiawi jika kita marah tapi apakah kita hanya mengikuti hawa nafsu? tidak usah ditanggapi, biarlah yang penting kita tidak melakukan hal tersebut. Sebaiknya kita menyingkapinya ikhlas, pasrah dan khusu saja dengan ibadah kita seperti sholat.  Apalagi ketika mencium hajar Aswad, hindari dengan menyakiti orang lain dan mementingkan diri sendiri. Padahal mencium hajar Aswad itu bukan suatu kewajiban dan bukan termasuk syarat tawaf.  Kadang terdapat kesalahan jamaah suka memegang ka’bah dan mencium setiap pojok atau rukun Ka’bah.  Padahal yang dibolehkan untuk dicium atau disentuh hanyalah Hajar Aswad dan rukun Yamani.

Setiap kali tawaf, saya sangat menikmatinya walaupun sudah sekian kalinya. Tawaf sunnah sendirian jangan dilakukan untuk yang sudah sepuh harus ada pendamping, apalagi yang belum familiar dengan Masjidil Haram. Saya sudah melakukan tawaf dari pelataran ka’bah sampai lantai 3.  Yang membedakan tawaf di beda lantai hanya waktu tempuh, ekstra tenaga, kepadatan jamaah semakin ke atas sedikit berkurang serta lebih santai.  Di Masjidil Haram juga ada jalanan khusus untuk tawaf yang memakai kursi roda, rasanya ingin membantu orang-orang seperti mereka, gratis deh.  Saat bertawaf, semua orang bergerak berputar ke arah yang sama dengan mengucapkan doa dan dzikir penuh puja dan puji kepada Allah semata.  Bertawaf adalah keindahan yang amazing. Keindahan yang sebenarnya sulit diungkapkan dengan kata-kata, karena ini adalah nutrisi bathin.  Dalam hati ini merasakan ketika bertawaf termasuk orang yang beruntung bahwa saya ada tepat di rumah Allah  dan tidak semua orang berkesempatan mendapat panggilanNya. Ka’bah tempat dimana para malaikat dan hamba Allah tak henti bertawaf sampai akhir zaman. Suatu kenikmatan, keindahan dan kebahagiaan yang sangat berlimpah ketika bisa bertawaf.  Sekali lagi tawaf is amazing, membuat ketagihan dan selalu membuat rindu untuk kembali bagi orang-orang yang pernah melakukan kegiatan tawaf.

ka'bah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: